A. Pengertian Microsoft Excel
Microsoft Excel
adalah sebuah program atau aplikasi yang merupakan bagian dari paket installasi
Microsoft Office, berfungsi untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet yang
terdiri dari baris dan kolom untuk mengeksekusi perintah. Microsoft Excel telah
menjadi software pengolah data / angka terbaik di dunia, selain itu Microsoft
Excel telah didistribusikan secara multi-platform. Microsoft Excel tidak hanya
tersedia dalam platform Windows, Microsoft Excel juga tersedia di MacOS,
Android dan Apple.
B. Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel
Kelebihan Microsoft Excel
- User interface yang mudah untuk dipahami.
- Kompatibilitas dengan berbagai platform/system operasi.
- Mudah dipelajari untuk pengguna pemula.
- Tersedia licensi dalam versi grosir.
- Mempunyai extensi (.xls) terpopuler untuk software spreadsheet.
- Dapat membaca extensi standar spreadsheet (.csv).
- Fitur pivot untuk mempermudah memanagemen data.
- Spreadsheet yang besar, dapat digunakan sebagai alternatif SQL untuk penggunaan sederhana.
- Resource RAM dan memory kecil dibanding program sejenis.
- Digunakan oleh berbagai industri, instansi dan pekerjaan.
- Mendukung Visual Basic
- Menyediakan fitur Research Pane untuk mempermudah mencari referensi analisis data dengan
- Microsoft Excel menurut para ahli terkait topik yang diteliti.
Kekurangan Microsoft Excel
- Akses fungsi tertentu seperti fungsi statistik terbatas.
- Jumlah sel terbatas.
- Add-ins untuk disipilin ilmu tertentu seperti neural network, fuzzy logic tidak powerfull dibandingkan software sejenis contoh: MATLAB dan SAS .
s
C. Fungsi Microsoft Excel
·
Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisis, meringkas, dan
memformat data serta grafiknya.
·
Membuat catatan keuangan dan anggaran keuangan.
·
Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan,
inventaris, dll.
·
Melakukan analisis dan riset harga.
·
Melakukan perhitungan statistika.
·
Membantu berbagai sektor bisinis untuk mempermudah melakukan
laporan keuangan.
·
Membuat daftar nilai sekolah maupun universitas.
·
Konversi mata uang.
·
Membuat grafik persamaan matematika.
·
Membuat program Excel dengan Visual Basic.
·
Melakukan penelitian dengan berbagai metode penelitian.
·
Sarana pembelajaran komputer dan logika.
D. Rumus- rumus Microsoft Excel
- AVERAGE
Pada Excel terdapat rumus average. Di rumus
ini, fungsinya untuk mendapatkan nilai rata-rata yang dihasilkan dari kumpulan
data yang dibuat. Untuk menggunakannya, cara sebagai berikut,Anda tuliskan
rumusnya
=AVERAGE(number 1, number 2, dan seterusnya).
Number 1, 2, dan seterusnya ini merupakan
kumpulan data yang nantinya akan dicari nilai rata-ratanya. Contoh : Ketika
anda mengisi nilai rata-rata dari kolom B2 hingga B6, maka anda bisa
menggunakan rumus =AVERAGE(B2:b6) dan akhiri dengan tombol Enter.
- SUM
Rumus SUM pada MS. Excel dipakai untuk
menjumlah sekumpulan data di dalam sebuah kumpulan data. Untuk penulisannya
yaitu
=SUM(number1, number2, dan seterusnya).
Untuk number1, number2, dan seterusnya ini
merupakan range data yang akan dijumlah. Misalnya, saat anda akan menjumlahkan
kolom B2-B8 dan C2 hingga C8, maka penulisannya yaitu =SUM(B2:B8,C2:C8).
- MAX
Rumus MAX pada ms. Excel digunakan untuk
mencari nilai paling tinggi dari suatu kumpulan data. Untuk menggunakannya
dituliskan dengan cara
=MAX(number1, number 2, dan seterusnya)
Number 1, 2, dan seterusnya ini merupakan
range data yang akan dicari nilai tertingginya. Untuk mencari nilai tertinggi
pada data yang dituliskan pada kolom D4 sampai D11, maka penulisan rumusnya
adalah sebagai berikut : =MAX(D4:D11) yang kemudian ditekan tombol Enter untuk
mendapatkan hasilnya.
- MIN
Selain rumus MAX, di dalam program Excel ini
juga memiliki rumus MIN yang fungsinya adalah kebalikan dari rumus MAX. Jika
MAX untuk mencari nilai tertinggi, makan rumus MIN untuk mencari nilai terendah
di dalam sekumpulan data numerik pada sheet Excel. Penulisannya yaitu
=MIN(number1, number2, …)
Dan number1, 2, … itu merupakan kumpulan data
numerik yang akan dicari nilai terendahnya. Misalnya di dalam sheet Excel yang
dibuat untuk mencari nilai terendah dari A2 sampai A6 maka rumusnya adalah
=MIN(A2:A6) kemudian tekan Enter maka hasil nilai terendah akan didapatkan.
- Count
Untuk rumus Count berfungsi untuk menghitung
jumlah data dalam suatu kumpulan yang dipilih. Bentuk umum menuliskan rumus
count ini adalah
=COUNT(number 1, number 2, ….)
dan number 1, number 2, … adalah kumpulan data
yang akan dihitung berapa jumlah datanya. Contohnya bisa dilihat dari
sekumpulan data dari A2-A10 maka rumusnya =COUNT(A2:A10) dan tekan Enter.
- Logika IF
Pada Excel terdapat suatu rumus yaitu Logika
IF, dimana rumus tersebut akan digunakan jika data yang akan dimasukkan
memiliki suatu kondisi tertentu. Seperti misalnya pada data A1=1, akan
didapatkan hasil 2, bila itu tidak didapatkan hasil yang demikian, maka
nilainya adalah 0. Untuk fungsi ini biasa akan dibantu oleh pembanding seperti
lambang fungsi =(sama dengan), <(lebih kecil). >(lebih besar),
<=(lebih kecil sama dengan), >=(lebih besar sama dengan), <>(tidak
sama dengan). Sedangkan untuk penulisannya yaitu,
=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false).
Pada rumus tersebut bisa diartikan bahwa
ekspresi dari logika tersebut bernilai benar. Untuk itu perintahnya pada
value_if_true akan dijalankan. Apabila salah, maka perintah value_if_false maka
akan dijalankan juga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar