Senin, 08 April 2019

Microsoft Excel

A.   Pengertian Microsoft Excel
       Microsoft Excel adalah sebuah program atau aplikasi yang merupakan bagian dari paket installasi Microsoft Office, berfungsi untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk mengeksekusi perintah. Microsoft Excel telah menjadi software pengolah data / angka terbaik di dunia, selain itu Microsoft Excel telah didistribusikan secara multi-platform. Microsoft Excel tidak hanya tersedia dalam platform Windows, Microsoft Excel juga tersedia di MacOS, Android dan Apple.
B.   Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel
      Kelebihan Microsoft Excel
  1. User interface yang mudah untuk dipahami.
  2. Kompatibilitas dengan berbagai platform/system operasi.
  3. Mudah dipelajari untuk pengguna pemula.
  4. Tersedia licensi dalam versi grosir.
  5. Mempunyai extensi (.xls) terpopuler untuk software spreadsheet.
  6. Dapat membaca extensi standar spreadsheet (.csv).
  7. Fitur pivot untuk mempermudah memanagemen data.
  8. Spreadsheet yang besar, dapat digunakan sebagai alternatif SQL untuk penggunaan sederhana.
  9. Resource RAM dan memory kecil dibanding program sejenis.
  10. Digunakan oleh berbagai industri, instansi dan pekerjaan.
  11. Mendukung Visual Basic
  12. Menyediakan fitur Research Pane untuk mempermudah mencari referensi analisis data dengan
  13. Microsoft Excel menurut para ahli terkait topik yang diteliti.

       Kekurangan Microsoft Excel
  1. Akses fungsi tertentu seperti fungsi statistik terbatas.
  2. Jumlah sel terbatas.
  3. Add-ins untuk disipilin ilmu tertentu seperti neural network, fuzzy logic tidak powerfull dibandingkan software sejenis contoh: MATLAB dan SAS .
s

C.    Fungsi Microsoft Excel

·         Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisis, meringkas, dan memformat data serta grafiknya.
·         Membuat catatan keuangan dan anggaran keuangan.
·         Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dll.
·         Melakukan analisis dan riset harga.
·         Melakukan perhitungan statistika.
·         Membantu berbagai sektor bisinis untuk mempermudah melakukan laporan keuangan.
·         Membuat daftar nilai sekolah maupun universitas.
·         Konversi mata uang.
·         Membuat grafik persamaan matematika.
·         Membuat program Excel dengan Visual Basic.
·         Melakukan penelitian dengan berbagai metode penelitian.
·         Sarana pembelajaran komputer dan logika.

D.    Rumus- rumus  Microsoft Excel

  • AVERAGE

Pada Excel terdapat rumus average. Di rumus ini, fungsinya untuk mendapatkan nilai rata-rata yang dihasilkan dari kumpulan data yang dibuat. Untuk menggunakannya, cara sebagai berikut,Anda tuliskan rumusnya
=AVERAGE(number 1, number 2, dan seterusnya).
Number 1, 2, dan seterusnya ini merupakan kumpulan data yang nantinya akan dicari nilai rata-ratanya. Contoh : Ketika anda mengisi nilai rata-rata dari kolom B2 hingga B6, maka anda bisa menggunakan rumus =AVERAGE(B2:b6) dan akhiri dengan tombol Enter.

  • SUM

Rumus SUM pada MS. Excel dipakai untuk menjumlah sekumpulan data di dalam sebuah kumpulan data. Untuk penulisannya yaitu
=SUM(number1, number2, dan seterusnya).
Untuk number1, number2, dan seterusnya ini merupakan range data yang akan dijumlah. Misalnya, saat anda akan menjumlahkan kolom B2-B8 dan C2 hingga C8, maka penulisannya yaitu =SUM(B2:B8,C2:C8). 

  • MAX

Rumus MAX pada ms. Excel digunakan untuk mencari nilai paling tinggi dari suatu kumpulan data. Untuk menggunakannya dituliskan dengan cara
=MAX(number1, number 2, dan seterusnya)
Number 1, 2, dan seterusnya ini merupakan range data yang akan dicari nilai tertingginya. Untuk mencari nilai tertinggi pada data yang dituliskan pada kolom D4 sampai D11, maka penulisan rumusnya adalah sebagai berikut : =MAX(D4:D11) yang kemudian ditekan tombol Enter untuk mendapatkan hasilnya.

  • MIN

Selain rumus MAX, di dalam program Excel ini juga memiliki rumus MIN yang fungsinya adalah kebalikan dari rumus MAX. Jika MAX untuk mencari nilai tertinggi, makan rumus MIN untuk mencari nilai terendah di dalam sekumpulan data numerik pada sheet Excel. Penulisannya yaitu
=MIN(number1, number2, …)
Dan number1, 2, … itu merupakan kumpulan data numerik yang akan dicari nilai terendahnya. Misalnya di dalam sheet Excel yang dibuat untuk mencari nilai terendah dari A2 sampai A6 maka rumusnya adalah =MIN(A2:A6) kemudian tekan Enter maka hasil nilai terendah akan didapatkan.

  • Count

Untuk rumus Count berfungsi untuk menghitung jumlah data dalam suatu kumpulan yang dipilih. Bentuk umum menuliskan rumus count ini adalah
=COUNT(number 1, number 2, ….)
dan number 1, number 2, … adalah kumpulan data yang akan dihitung berapa jumlah datanya. Contohnya bisa dilihat dari sekumpulan data dari A2-A10 maka rumusnya =COUNT(A2:A10) dan tekan Enter.

  • Logika IF


Pada Excel terdapat suatu rumus yaitu Logika IF, dimana rumus tersebut akan digunakan jika data yang akan dimasukkan memiliki suatu kondisi tertentu. Seperti misalnya pada data A1=1, akan didapatkan hasil 2, bila itu tidak didapatkan hasil yang demikian, maka nilainya adalah 0. Untuk fungsi ini biasa akan dibantu oleh pembanding seperti lambang fungsi =(sama dengan), <(lebih kecil). >(lebih besar), <=(lebih kecil sama dengan), >=(lebih besar sama dengan), <>(tidak sama dengan). Sedangkan untuk penulisannya yaitu,
=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false).
Pada rumus tersebut bisa diartikan bahwa ekspresi dari logika tersebut bernilai benar. Untuk itu perintahnya pada value_if_true akan dijalankan. Apabila salah, maka perintah value_if_false maka akan dijalankan juga.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link

         Dalam materi Otomatisasi kita dituntut untuk dapat mengoperasikan program-program Microsoft Office seperti Microsoft Word yang bi...