Senin, 08 April 2019

Microsoft Word


A.     Pengertian Microsoft Word
          Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang sangat populer pada saat ini, Aplikasi yang dikembangkan oleh microsoft ini terdapat dalam satu paket microsoft office yang berisi microsoft word, microsoft excel, microsoft power point, microsoft office publisher microsoft office access dan lain-lain.. Akan tetapi dari sekian banyak ini paket yang ditawarkan microsoft word yang paling sering dipakai oleh kebanyakan orang selain microsoft excel dan power point. Dalam perkembangannya microsoft word mengalami banyak perkembangan dari tahun ke tahun mulai dari microsoft word 1998, microsoft word 2003, microsoft word 2007, microsoft word 2010 dan microsoft word 2013. Dengan perkembangan tersebut microsoft telah menambahkan database dan tool yang baru untuk menyempurnakan agar microsoft word lebih mudah untuk digunakan. Dengan microsoft word dapat memudahkan kerja manusia dalam melakukan pengetikan surat maupun dokumen lain


B.     Manfaat Microsoft word
 Adapun manfaat dari microsoft word adalah sebagai berikut:
        1.   Memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan
              Dengan microsoft word kita bisa membuat dokumen sesuai dengan yang kita inginkan dan kita bisa mengedit dan merubah jika terjadi kesalahan sebelum dicetak. Anda juga bisa membuat tabel dengan variasi sesuai dengan yang anda inginkan.

        2.   Menghemat Waktu dalam Pekerjaan
              Dengan kita menggunakan microsoft word kita dapat menghemat waktu dalam pekerjaan kita, kita bisa menggunakan fungsi mail marge untuk membuat surat massal sehingga dapat menghemat waktu bila dibandingkan dengan harus mengetik atau menulis satu per satu surat yang akan dicetak.

       3.   Menghemat Kertas dan Biaya.
             Dengan microsoft word kita dapat menghemat kertas yang digunakan karena kita bisa menyimpan hasil pekerjaan kita dalam bentuk file sehingga tidak memerlukan banyak kertas untuk mencetak dokumen untuk archive dan juga akan lebih menghemat biaya operasional.



C.     Fungsi Control Pada Keyboard

  1. Ctrl + A : Select All
  2. Ctrl + B : Bold
  3. Ctrl + C : Copy
  4. Ctrl + D : Font
  5. Ctrl + E : Center Alignment
  6. Ctrl + F : Find
  7. Ctrl + G : Go To
  8. Ctrl + H : Replace
  9. Ctrl + I : Italic
  10. Ctrl + J : Justify Alignment
  11. Ctrl + K : Insert Hyperlink
  12. Ctrl + L : Left Alignment
  13. Ctrl + M : Incrase Indent
  14. Ctrl + N : New
  15. Ctrl + O : Open
  16. Ctrl + P : Print
  17. Ctrl + Q : Normal Style
  18. Ctrl + R : Right Alignment
  19. Ctrl + S : Save / Save As
  20. Ctrl + T : Hanging Indent
  21. Ctrl + U : Underline
  22. Ctrl + V : Paste
  23. Ctrl + W : Close
  24. Ctrl + X : Cut
  25. Ctrl + Y : Redo
  26. Ctrl + Z : Undo
  27. Ctrl + 1 : Single Spacing
  28. Ctrl + 2 : Double Spacing
  29. Ctrl + 5 : 1,5 lines
  30. Ctrl + Esc : Start Menu
  31. F1 : Menjalankan fungsi pertolongan yang disediakan pada Word pada ruler horizontal
  32. F2 : Megubah nama suatu file/folder
  33. F3 : Menjalankan perintah AutoText
  34. F4 : Mengulangi perintah sebelumnya
  35. F5 : Menjalankan perintah Find and Replace atau Goto
  36. F6 : Menjalankan Perintah Other Pane
  37. F7 : Memeriksaan kesalahan ketik dan ejaan teks (spelling)
  38. F8 : Awal perintah penyorotan/pemilihan teks atau objek
  39. F9 : Mengupdate Field (Mail Merge)
  40. F10 : Mengaktifkan Menu
  41. F11 : Memasukkan field berikutnya (Mail Merge)
  42. F12 : Mengaktifkan dialog Save As
  43. Esc : Membatalkan dialog / perintah
  44. Enter : Melaksanakan pilihan atau mengakhiri suatu paragraf
  45. Tab : Memindahkan teks sesuai dengan tanda tab yang ada
D.     Fungsi Toolbar Pada Microsoft Word
       
         Menu File
  1. New = Membuat Dokumen baru
  2. Open, = Membuka file dari peranti / media penyimpan
  3. Close = Menutup jendela dokumen aktif
  4. Save = Menyimpan dokumen yang masih aktif
  5. Save As = Menyimpan dokumen yang belum mempunyai nama atau mengganti nama file dokumen yang akan disimpan
  6. Save As = Menyimpan dokumen dalam bentuk halaman web
  7. Web Page = melihat contoh tampilan halaman web yang dibuat dan yang akan dicetak
  8. Page Setup = Mengatur halaman dokumen yang akan dicetak
  9. Print Preview = Melihat contoh hasil dokumen (margins, ukuran kertas) sebelum dicetak melalui printer
  10. Print = Mencetak dokumen
  11. Send To = Mengirim dokumen
  12. Properties = Membuat ringkasan dari dokumen yang aktif
  13. Exit = Keluar dari Word sebelum menutup semua dokumen

         Menu Edit

  1. Undo = Membatalkan perintah yang terakhir dilakukan
  2. Repeat = Mengulangi perintah terakhir yang sebelumnya dibatalkan melalui perintah undo
  3. Cut = Memotong sebagian atau seluruh data
  4. Copi = Menyalin data
  5. Paste = Menyisipkan / meletakkan hasil copi dan cut
  6. Paste Special = Fasilitas pendukung perintah cut dan copi terhadap hyperlink pada dokumen
  7. Clear = Membersihkan atau menghapus semua data yang ada di dokumen
  8. Select All = Memilih (memblok) seluruh isi dari dokumen
  9. Find = Mencari data pada dokumen
  10. Replace = Menggantikan data pada dokumen dengan data baru
  11. Go to = Berpindah ke halaman tertentu dari dokumen bagian – bagian dari dokumen atau footnote
  12. Link = Menampilkan atau mengubah setiap link yang ada di file dokumen
  13. Objek = Mengedit objek yang berasal dari insert yang berhubungan dengan link (objek Clipart, dll



          Menu View
  1. Normal = menampilkan dokumen dalam status normal
  2. Web Layouts = menampilkan dokumen dalam layouts web
  3. Print Layouts = menentukan dokumen dalam layouts cetak
  4. Outline = menampilkan struktur dokumen
  5. Toolbar = memunculkan toolbar words
  6. Ruler = memunculkan mistar dokumen
  7. Dokumen map = memunculkan bagian dari sub bagian dari dokumen pada jendela tersendiri
  8. Header dan Footer = membuat header dan footer sebagai efek cetakan
  9. Comments = menampilkan toolbars reviewing dan comment pada dokumen
  10. Footnotes = menampilkan cetakan kaki dokumen
  11. Fullscreen = menampilkan dokumen satu tayangan penuh
  12. Zoom = mengubah ukuran penampilan dokumen words

          Menu Format
  1. Font = mengatur tampilan font yang digunakan dalam dokumen
  2. Paragraph = mengatur paragraph
  3. Bullet and Numbering = mengatur pemberian tanda dan penomoran item
  4. Border and Shading = mengatur batas-batas dan pembuatan efek bayangan
  5. Columns = mengatur laju kolom dalam dokumen
  6. Tabs = mengatur letak tabulasi dokumen
  7. Changecase = mengubah huruf capital
  8. Background = mengatur warna latar belakang dari dokumen
  9. Theme = mengganti style dokumen
  10. Frames = mengatur frames
  11. Autoformat = mengatur secara otomatis
  12. Style = mengatur style paragraph

         Menu Tools
  1. Spelling and Grammar = memeriksa ejaan pada kata dokumen
  2. Language = mengatur penggunaan bahasa
  3. Wordcount = penghitungan jumlah halaman huruf, kata dan paragraph
  4. Autocorrect = untuk menggabungkan dokumen
  5. Trackchanges = melihat pengubahan data yang dilakukan berdasarkan waktu, siapa dan dimana pengubahan itu terjadi di dalam jaringan computer
  6. Protect Document = mengamankan atau memproteksi dokumen online
  7. Collaboration = menyusun dan mengadakan pertemuan beserta dengan jadwalnya, fasilitas ini terdiri dari MeetnNow, Schedule Meeting dan Web Discussion
  8. Mailmerge = menggunakan fasilitas mailmerge
  9. Envelope and Lables = pembuatan surat dan label
  10. Letter Wizzards = membuat surat dengan fasilitas bantuan dan word
  11. Macro = membuat atau menjalankan program macro, mengedit atau menghapus macro
  12. Templates and Add Ins = mengaktifkan atau menonaktifkan program Add and Templates Word
  13. Costumade Menta Toolbars = menambahkan command baru, membuat menu dan toolbars sesuai dengan keinginan pengguna
  14. Options = pilihan dalam pengaturan
        Menu Table
       Menu yang berhubungan dengan pembuatan table dalam dokumen. Dengan submenu sebagai berikut :
  1. Drawtable = membuat table dengan menggambar
  2. Insert = menyisipkan table
  3. Delete = menghapus data
  4. Mergecells = menggabungkan sel-sel dalam table
  5. Splitcels = memisahkan sel-sel dalam table
  6. Convert = mengkonversi table kedalam teks atau sebaliknya
  7. Sort = mengurutkan data dalam table
  8. Table Property = menampilkan rangkuman dalam table

         Menu Window
  1. New Windows = memperlihatkan dokumen yang sedag di edit pada jendela baru
  2. Arrange All = mengatur jendela dari dokumen
  3. Split = membagi dokumen menjadi beberapa bagian


        Menu Help
  1. Microsoftword Help = menampilkan fasilitas office assistantk, dengan nama logo berturut seperti berikut eClippi, thedort, F1, Thedinius, Oficelogo, Mothernature, Links dan rocki Show Office assistant melihat keterangan dan topic terpilih secara langsung tanpa melalui fasilitas help
  2. What’this ? =  memberikan penjelasan dan fungsi word dengan menampilkan teks pada toolbars
  3. Office on the web = koneksi internet pada situs office pada Web
  4. Detect and Repair = mendeteksi dan memperbaiki kesalahan pada word
  5. About Microsoft = melihat penjelasan tentang Word dan konfigurasi computer yang digunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link

         Dalam materi Otomatisasi kita dituntut untuk dapat mengoperasikan program-program Microsoft Office seperti Microsoft Word yang bi...