A. Pengertian Microsoft Word
Microsoft
Word adalah aplikasi pengolah kata yang sangat populer pada saat ini, Aplikasi
yang dikembangkan oleh microsoft ini terdapat dalam satu paket microsoft office
yang berisi microsoft word, microsoft excel, microsoft power point, microsoft
office publisher microsoft office access dan lain-lain.. Akan tetapi dari
sekian banyak ini paket yang ditawarkan microsoft word yang paling sering
dipakai oleh kebanyakan orang selain microsoft excel dan power point. Dalam
perkembangannya microsoft word mengalami banyak perkembangan dari tahun ke
tahun mulai dari microsoft word 1998, microsoft word 2003, microsoft word 2007,
microsoft word 2010 dan microsoft word 2013. Dengan perkembangan tersebut
microsoft telah menambahkan database dan tool yang baru untuk menyempurnakan
agar microsoft word lebih mudah untuk digunakan. Dengan microsoft word dapat
memudahkan kerja manusia dalam melakukan pengetikan surat maupun dokumen lain
B. Manfaat Microsoft word
Adapun manfaat dari microsoft word adalah sebagai berikut:
1. Memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan
Dengan microsoft word kita bisa membuat dokumen sesuai dengan yang kita inginkan dan kita bisa mengedit dan merubah jika terjadi kesalahan sebelum dicetak. Anda juga bisa membuat tabel dengan variasi sesuai dengan yang anda inginkan.
2. Menghemat Waktu dalam Pekerjaan
Dengan kita menggunakan microsoft word kita dapat menghemat waktu dalam pekerjaan kita, kita bisa menggunakan fungsi mail marge untuk membuat surat massal sehingga dapat menghemat waktu bila dibandingkan dengan harus mengetik atau menulis satu per satu surat yang akan dicetak.
3. Menghemat Kertas dan Biaya.
Dengan microsoft word kita dapat menghemat kertas yang digunakan karena kita bisa menyimpan hasil pekerjaan kita dalam bentuk file sehingga tidak memerlukan banyak kertas untuk mencetak dokumen untuk archive dan juga akan lebih menghemat biaya operasional.
Adapun manfaat dari microsoft word adalah sebagai berikut:
1. Memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan
Dengan microsoft word kita bisa membuat dokumen sesuai dengan yang kita inginkan dan kita bisa mengedit dan merubah jika terjadi kesalahan sebelum dicetak. Anda juga bisa membuat tabel dengan variasi sesuai dengan yang anda inginkan.
2. Menghemat Waktu dalam Pekerjaan
Dengan kita menggunakan microsoft word kita dapat menghemat waktu dalam pekerjaan kita, kita bisa menggunakan fungsi mail marge untuk membuat surat massal sehingga dapat menghemat waktu bila dibandingkan dengan harus mengetik atau menulis satu per satu surat yang akan dicetak.
3. Menghemat Kertas dan Biaya.
Dengan microsoft word kita dapat menghemat kertas yang digunakan karena kita bisa menyimpan hasil pekerjaan kita dalam bentuk file sehingga tidak memerlukan banyak kertas untuk mencetak dokumen untuk archive dan juga akan lebih menghemat biaya operasional.
C. Fungsi Control Pada Keyboard
- Ctrl + A : Select All
- Ctrl + B : Bold
- Ctrl + C : Copy
- Ctrl + D : Font
- Ctrl + E : Center Alignment
- Ctrl + F : Find
- Ctrl + G : Go To
- Ctrl + H : Replace
- Ctrl + I : Italic
- Ctrl + J : Justify Alignment
- Ctrl + K : Insert Hyperlink
- Ctrl + L : Left Alignment
- Ctrl + M : Incrase Indent
- Ctrl + N : New
- Ctrl + O : Open
- Ctrl + P : Print
- Ctrl + Q : Normal Style
- Ctrl + R : Right Alignment
- Ctrl + S : Save / Save As
- Ctrl + T : Hanging Indent
- Ctrl + U : Underline
- Ctrl + V : Paste
- Ctrl + W : Close
- Ctrl + X : Cut
- Ctrl + Y : Redo
- Ctrl + Z : Undo
- Ctrl + 1 : Single Spacing
- Ctrl + 2 : Double Spacing
- Ctrl + 5 : 1,5 lines
- Ctrl + Esc : Start Menu
- F1 : Menjalankan fungsi pertolongan yang disediakan pada Word pada ruler horizontal
- F2 : Megubah nama suatu file/folder
- F3 : Menjalankan perintah AutoText
- F4 : Mengulangi perintah sebelumnya
- F5 : Menjalankan perintah Find and Replace atau Goto
- F6 : Menjalankan Perintah Other Pane
- F7 : Memeriksaan kesalahan ketik dan ejaan teks (spelling)
- F8 : Awal perintah penyorotan/pemilihan teks atau objek
- F9 : Mengupdate Field (Mail Merge)
- F10 : Mengaktifkan Menu
- F11 : Memasukkan field berikutnya (Mail Merge)
- F12 : Mengaktifkan dialog Save As
- Esc : Membatalkan dialog / perintah
- Enter : Melaksanakan pilihan atau mengakhiri suatu paragraf
- Tab : Memindahkan teks sesuai dengan tanda tab yang ada
Menu File
- New = Membuat Dokumen baru
- Open, = Membuka file dari peranti / media penyimpan
- Close = Menutup jendela dokumen aktif
- Save = Menyimpan dokumen yang masih aktif
- Save As = Menyimpan dokumen yang belum mempunyai nama atau mengganti nama file dokumen yang akan disimpan
- Save As = Menyimpan dokumen dalam bentuk halaman web
- Web Page = melihat contoh tampilan halaman web yang dibuat dan yang akan dicetak
- Page Setup = Mengatur halaman dokumen yang akan dicetak
- Print Preview = Melihat contoh hasil dokumen (margins, ukuran kertas) sebelum dicetak melalui printer
- Print = Mencetak dokumen
- Send To = Mengirim dokumen
- Properties = Membuat ringkasan dari dokumen yang aktif
- Exit = Keluar dari Word sebelum menutup semua dokumen
Menu Edit
- Undo = Membatalkan perintah yang terakhir dilakukan
- Repeat = Mengulangi perintah terakhir yang sebelumnya dibatalkan melalui perintah undo
- Cut = Memotong sebagian atau seluruh data
- Copi = Menyalin data
- Paste = Menyisipkan / meletakkan hasil copi dan cut
- Paste Special = Fasilitas pendukung perintah cut dan copi terhadap hyperlink pada dokumen
- Clear = Membersihkan atau menghapus semua data yang ada di dokumen
- Select All = Memilih (memblok) seluruh isi dari dokumen
- Find = Mencari data pada dokumen
- Replace = Menggantikan data pada dokumen dengan data baru
- Go to = Berpindah ke halaman tertentu dari dokumen bagian – bagian dari dokumen atau footnote
- Link = Menampilkan atau mengubah setiap link yang ada di file dokumen
- Objek = Mengedit objek yang berasal dari insert yang berhubungan dengan link (objek Clipart, dll
Menu View
- Normal = menampilkan dokumen dalam status normal
- Web Layouts = menampilkan dokumen dalam layouts web
- Print Layouts = menentukan dokumen dalam layouts cetak
- Outline = menampilkan struktur dokumen
- Toolbar = memunculkan toolbar words
- Ruler = memunculkan mistar dokumen
- Dokumen map = memunculkan bagian dari sub bagian dari dokumen pada jendela tersendiri
- Header dan Footer = membuat header dan footer sebagai efek cetakan
- Comments = menampilkan toolbars reviewing dan comment pada dokumen
- Footnotes = menampilkan cetakan kaki dokumen
- Fullscreen = menampilkan dokumen satu tayangan penuh
- Zoom = mengubah ukuran penampilan dokumen words
Menu Format
- Font = mengatur tampilan font yang digunakan dalam dokumen
- Paragraph = mengatur paragraph
- Bullet and Numbering = mengatur pemberian tanda dan penomoran item
- Border and Shading = mengatur batas-batas dan pembuatan efek bayangan
- Columns = mengatur laju kolom dalam dokumen
- Tabs = mengatur letak tabulasi dokumen
- Changecase = mengubah huruf capital
- Background = mengatur warna latar belakang dari dokumen
- Theme = mengganti style dokumen
- Frames = mengatur frames
- Autoformat = mengatur secara otomatis
- Style = mengatur style paragraph
- Spelling and Grammar = memeriksa ejaan pada kata dokumen
- Language = mengatur penggunaan bahasa
- Wordcount = penghitungan jumlah halaman huruf, kata dan paragraph
- Autocorrect = untuk menggabungkan dokumen
- Trackchanges = melihat pengubahan data yang dilakukan berdasarkan waktu, siapa dan dimana pengubahan itu terjadi di dalam jaringan computer
- Protect Document = mengamankan atau memproteksi dokumen online
- Collaboration = menyusun dan mengadakan pertemuan beserta dengan jadwalnya, fasilitas ini terdiri dari MeetnNow, Schedule Meeting dan Web Discussion
- Mailmerge = menggunakan fasilitas mailmerge
- Envelope and Lables = pembuatan surat dan label
- Letter Wizzards = membuat surat dengan fasilitas bantuan dan word
- Macro = membuat atau menjalankan program macro, mengedit atau menghapus macro
- Templates and Add Ins = mengaktifkan atau menonaktifkan program Add and Templates Word
- Costumade Menta Toolbars = menambahkan command baru, membuat menu dan toolbars sesuai dengan keinginan pengguna
- Options = pilihan dalam pengaturan
Menu Table
Menu yang berhubungan dengan pembuatan table dalam dokumen. Dengan submenu sebagai berikut :
- Drawtable = membuat table dengan menggambar
- Insert = menyisipkan table
- Delete = menghapus data
- Mergecells = menggabungkan sel-sel dalam table
- Splitcels = memisahkan sel-sel dalam table
- Convert = mengkonversi table kedalam teks atau sebaliknya
- Sort = mengurutkan data dalam table
- Table Property = menampilkan rangkuman dalam table
Menu Window
- New Windows = memperlihatkan dokumen yang sedag di edit pada jendela baru
- Arrange All = mengatur jendela dari dokumen
- Split = membagi dokumen menjadi beberapa bagian
Menu Help
- Microsoftword Help = menampilkan fasilitas office assistantk, dengan nama logo berturut seperti berikut eClippi, thedort, F1, Thedinius, Oficelogo, Mothernature, Links dan rocki Show Office assistant melihat keterangan dan topic terpilih secara langsung tanpa melalui fasilitas help
- What’this ? = memberikan penjelasan dan fungsi word dengan menampilkan teks pada toolbars
- Office on the web = koneksi internet pada situs office pada Web
- Detect and Repair = mendeteksi dan memperbaiki kesalahan pada word
- About Microsoft = melihat penjelasan tentang Word dan konfigurasi computer yang digunakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar